KPU Makassar Tak Atur Jenis Kampanye, Cuma Bagi Jadi 4 Zona 

KPU Makassar Tak Atur Jenis Kampanye, Cuma Bagi Jadi 4 Zona 

CELOTEH RIAU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menetapkan empat zona lokasi kampanye bagi empat pasangan calon yang berkontestasi di pilkada.

Pembagian zona kampanye itu diatur dalam berita acara nomor 473/PL.02.04-BA/7371/KPU-Kot/IX/2020 tentang kesepakatan jadwal dan zona kampanye pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

"Kita hanya tentukan zona kampanye masing-masing paslon, soal lokasinya di mana, waktunya jam berapa dan jenis kampanyenya, mereka (paslon dan timnya) yang mengatur," ujar Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar, Sabtu (26/9).


Zona 1 meliputi Kecamatan Makassar, Ujung Pandang dan Rappocini. Zona 2, Kecamatan Bontoala, Wajo, Ujung Tanah, Tallo dan Pulau Sangkarrang.

Lalu zona 3 meliputi Kecamatan Panakkukang, Manggala, Biringkanayya dan Tamalanrea. Terakhir, zona 4 meliputi Kecamatan Mariso, Mamajang dan Tamalate.

Berdasarkan jadwal perdana pada Senin (26/9), untuk Zona I bisa dipakai oleh paslon nomor urut satu, Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi Masse. Sedangkan untuk wilayah Zona II bisa dipakai paslon Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando bernomor urut dua.


Untuk Zona III, jadwal kampanye perdana bisa dilakukan nomor tiga, Syamsu Rizal-Fadli Ananda. Dan Paslon nomor urut empat, Irman Yasin Limpo-Zunnun Nurdin Halid menggelar kampanye di Zona IV.

Di hari perdana masa kampanye, Sabtu (26/9), belum ada paslon yang turun karena masih sibuk dengan urusan internal.

Juru bicara pasangan Ramdhan Pomanto-Fatnawati Rusdi, Indira Mulyasari mengatakan pihaknya belum melakukan kampanye hari ini karena paslon baru saja mengikuti kegiatan tudang sipulung (pertemuan) dengan pihak Bawaslu Makassar.

"Masih mempersiapkan agenda sosialisasi yang sesuai PKPU No 13. Jadi untuk hari ini belum ada kampanye. Mungkin Senin baru memulai kampanye," kata Indira.


Kubu paslon Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando dan Irman Yasin Limpo-Andi Muhammad Zunnun Armin NH juga mengatakan hal serupa.

Paslon baru saja menghadiri pertemuan dengan Bawaslu Makassar. Terlebih, jadwal kampanye juga baru diterima dari KPU Makassar pada Jumat malam (24/9).

Sementara paslon nomor urut 3, Syamsul Rizal-dr Fadli Ananda berencana menggelar pertemuan dengan tokoh masyarakat di Kecamatan Manggala. Hal itu disampaikan juru bicara, Andi Widya Syadzwina.

"Tapi belum kampanye massif. Mungkin nanti mulai Senin," kata Andi Widya.

Pilkada Serentak 2020 digelar di 270 daerah, salah satunya pemilihan wali kota-wakil wali kota Makassar. Masa kampanye sudah resmi dimulai pada Sabtu (26/9) hingga 5 Desember mendatang.

#politik

Index

Berita Lainnya

Index